Senin, 04 April 2011

Bisnis Hobi Sebenarnya Bisnis Yang Tak Pernah Mati

Terinspirasi dari peternak dan pedagang ayam ketawa, saya pun tertarik untuk mencoba budidaya ayam ketawa sebagai jenis unggas untuk hobi ini sekaligus bisnis.

Banyak yang berpikir bahwa jenis unggas ini hanya menjadi bisnis musiman yang sepertinya kurang layak untuk ditekuni. Sebenarnya pemikiran seperti itu sangat kurang tepat, saya coba mempelajari perkembangan ayam ketawa di sidrap sulsel dan ternyata bisa berkembang sangat besar dan pangsa pasarnya bisa sampai seluruh nusantara. Ternyata bisnis unggas untuk hobi ini walaupun memang benar merupakan bisnis musiman, tetapi jika pemasaranya sangat luas maka bisa menjadi bisnis yang tetap kontinyu. Karena musim hobi unggas di setiap daerah akan berbeda dan terus berputar.

Farm-farm besar unggas hobi yang bisa berkembang besar ternyata adalah farm dari peternak yang cukup cerdas mengembangkan pasarnya dengan menggunakan teknologi informasi. Apalagi saat ini dengan semakin mudahnya transportasi, semakin banyak dan mudah ekspedisi yang bisa melayani pengiriman unggas antar daerah maupun antar negara.


Tetapi ada yang perlu sangat anda perhatikan dalam mengembangkan bisnis unggas hobi ini, yaitu jangan terlalu berambisi dalam mengembangkan populasi. Yang perlu dirintis justru pemasaran dari hasil produksinya. Karena Bisnis hobi ini sangat erat kaitanya dengan brand image atau citra, maka yang dibutuhkan adalah keuletan dan konsistensi dalam mengembangkan mutu dari ternakan kita.

0 komentar:

Posting Komentar